Senin, 26 Desember 2011

PERILAKU KONSUMEN


4. PERILAKU KONSUMEN
Perilaku konsumen adalah tingkah laku dari konsumen, dimana mereka dapat mengilustrasikan pencarian untuk membeli,menggunakan, mengevaluasi, dam memperbaiki suatu produk dan jasa mereka.

1. BERBAGAI FAKTOR YANG MEMPERBAIKI KEPUTUSAN BELI
Faktor yang mempengaruhi keputusan beli di antaranya :

Kebudayaan
Kelas sosial
Kelompok referensi kecil
Keluarga
Pengalaman
Kepribadian
Sikap dan kepercayaan
Konsep diri

2. BERBAGAI MACAM SITUASI PEMBELIAN
Situasi pembeli/jumlah dan kompleksitas kegiatan konsumen dalam pembeliannya dapat berbeda-beda. Menurut Howard, pembelian konsumen dapat ditinjau sebagai kegiatan penyelesaian suatu masalah, dan terdapat tiga macam situasi diantaranya :

Perilaku Responsi Rutin
Penyelesain Masalah Terbatas
Penyelesaian Masalah Ekstensif
Struktur

3. STRUKTUR KEPUTUSAN BELI
Setiap keputusan membeli mempunyai suatu struktur yang mencakup beberapa komponen yaitu keputusan tentang :

Jenis produk
Bentuk produk

Merek

Penjualnya

Jumlah produk
Waktu pembelian, dan
Cara pembayaran

4. TAHAP-TAHAP DALAM PROSES PEMBELIAN
Tahap-tahap dalam proses pembelian antara lain :

Menganalisa keinginan dan kebutuhan
Menilai sumber-sumber
Menetapkan tujuan pembelian
Mengidentifikasikan alternatif pembelian
Keputusan membeli
Perilaku sesudah pembelian

5. PERILAKU PEMBELI INDUSTRIAL
Pemasar juga harus mempelajari perilaku pembelian industrial, disebabkan organisasi bisnis tidak hanya melakukan penjualan mereka juga membeli bahan baku dalam jumlah yang sangat banyak, suku cadang, instalasi, peralatan tambahan, perlengkapan, dan pelayanan bisnis. Perusahaan yang menjual baja, komputer, pembangkit listrik tenaga nuklir, dan barang-barang lain kepada organisasi harus memahami kebutuhan, sumber daya, kebijakan dan prosedur pembelian organisasi tersebut. Mereka harus memerhatikan beberapa pertimbangan yang tidak ditemukan dalam pemasaran konsumen.


6. PROSES KEPUTUSAN BELI INDUSTRIAL
Ada beberapa yang berperan dalam pembelian industrial, yaitu diantranya :

Initiator
Influencer
Gate Keeper
Decinder
Buyer, dan
User
Sumber : Amin Widjaja Tunggal, 1996. Kamus Marketing. Jakarta : Rineka Cipta.
Daryanto, Satu Nusa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar