Kamis, 01 Desember 2011

dasar pemasaran 2

TUGAS-TUGAS MANAJEMEN PEMASARAN

Tugas menejer pemasaran yaitu bagaimana proses manajemen dijalankan untuk
mengubah surnber-sumber ekonomi menjadi produk yang dapat memenuhi kebutuhan
manusia dan kebutuhan pasar .Tugas
manajer pemasaran dimulai jauh sebelum produk dihasilkan dan tidak akan berhenti
sampai produk terjual, tugas tersebut seperti ;
- mempelajari kebutuhan dan keinginan konsumen
- mengembangkan konsep produk
- menguji berlakunya konsep produk
_ membuat design produk
- mengembangkan pembukusan dan merk
- menetapkan harga
- mengatur distribusi
- menciptakan komunikasi pemasaran yang efektif
- memeriksa penjualan
- memperhatikan kepuasan konsumen
- memperbaiki dan mengembangkan rencana pemasaran
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pengantar_manajemen_pemasaran/bab3_proses_manajemen_pemasaran.pdf.


Proses Manajemen


Manajemen merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan semua sumber daya perusahaan untuk mencapai sasaran organisasi.
Manajer adalah individu yang bertanggung jawab secara langsung untuk memastikan kegiatan dalam sebuah organisasi dijalankan bersama para anggota dari organisasi

Manajer dibagi dalam beberapa tingkatan :
1.    Manajer puncak (top manager)
Eksekutif puncak yang jumlahnya sedikit dan bertanggung jawab atas keseluruhan kinerja perusahaan besar. Jabatan meliputi president, vice president, Chief Excecutive Officer (CEO), dan Chief Financial Officer (CFO).
2. Manajer menengah (middle manager)
Manajer yang mengimplementasikan strategi, kebijakan, dan keputusan yang diambil oleh manajer puncak. Jabatan seperti manajer pabrik, manajer operasi, dan manajer divisi.
3. Manajer lini pertama (first-line manager)
Manajer yang bekerja dengan menyedia karyawan yang melapor kepada mereka. Jabatan seperti manajer kantor dan pimpinan kelompok.
Bidang – Bidang Manajemen (Tipe Keahlian Manajerial):
1. Manajer SDM
Ialah bagian Merekrut dan melatih karyawan, menilai kinerja, dana menetapkan kompensasi.
2. Manajer Operasi
Ialah bagian Bertanggung jawab atas produksi, inventori, dan kendali mutu.
3. Manajer Pemasaran
Ialah Bertanggung jawab untuk menyerahkan produk dari produsen ke konsumen
4. Manajer Informasi
Ialah Merancang dan mengimplementasikan sistem untuk mengumpulkan, mengorganisasi, dan mendistribusikan informasi.
5. Manajer Finansial
Ialah Mengawasi fungsi akuntansi dan sumber daya keuangan
Proses manajemen dalam suatu perusahaan / organisasi terdiri dari beberapa tahapan, yaitu :
1. Perencanaan
Menetapkan apa yang harus dilakukan perusahaan dan cara terbaik melakukannya.
Sasaran Jangka Pendek (<1 tahun)
Sasaran Jangka Menegah (1-5 tahun)
Sasaran Jangka Panjang (5 tahun)
2.   Pengorganisasian
Proses menata sumber daya dan kegiatan menjadi struktur yang logis.
3.   Pengarahan
Seorang manajer memandu dan memotivasi karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan
4. Pengawasan
Proses memantau kinerja perusahaan untuk menjamin perusahaan mencapai sasarannya

STRATEGI PEMASARAN

Strategi, adalah suatu rencana yang diutarnakan untuk mencapai tujuan tersebut.
Strategi pemaaran memerlukan keputusan-keputusan dari manajemen tentang
elemen-elemen dari marketing mix perusahaan Strategi bersifat lebih permanen.
Taktik adalah tahap-tahap atau langkah-langkah tertentu yang dipakai untuk
melaksanakan strategi
Dalam merencanakan kegiatan pemasaran manajer pemasaran dihadapkan pada
pertanyaan-pertanyaan berikut :
Apakah perusahaan harus memusatkan perhatiannya pada jenis-jenis pembeli tertentu
saja ?
Apakah yang diinginkan oleh pembeli untuk memuaskan kebutuhanya ?
Bagaimanakah manajemen akan mengkoordinasikan marketing mixnya ?
Apakah perusahaan perlu menghidari persaingan ?
Marketing mix seperti apakah yang terbaik bagi perusahaan ?
Dalam cara seperti apakah penyedia mempengaruhi usaha-usaha pemasaran dari
produsen?
Bagaimanakah faktor-faktor pendapatan dan ketenagakerjaan mempengaruhi usaha
perusahaan untuk menjual produknya?
Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut sangat tergantung pada strategi pemasaran
yang akan dilaksanakan oleh perusahaan. Strategi pemasaran dari setiap perusahaan
merupakan suatu rencana keseluruhan untuk mencapai tujuan, dengan menggunakan tiga
macam keputusan, yaitu :
- konsumen, manakah yang akan dituju ?
- kepuasan,seperti apa yang diinginkan oleh konsumen tersebut?
- marketing mix, seperti apakah yang dipakai untuk memberikan kepuasan kepada
konsumen tersebut ?
Strategi tersebut merupakan rencana jangka panjang yang digunakan sebagai
pedoman bagi kegiatan-kegiatan personalia pemasaran
Elemen-elemen strategi pemasaran
Dengan riset pemasaran, manajer berusaha untuk menentukan konsumen yang akan
dituju. Kemudian manajer mengindentiļ¬kasikan keinginan konsumen, agar dapat menentukan
kombinasi marketing mix yang paling efektif. Dan dalam hal ini perlu memperhatikan berbagai
macam faktor lingkungan dan kekuatan serta kelemahan organisasi. Strategi pemasaran yang
berhasil ditentukan oleh variabel marketing mixnya. Jadi perusahaan dapat mengembangkan
strategi produk, harga, distribusi dan promosi atau mengkombinasikan variabel-variabel tersebut
dalam suatu rencana strategis yang menyeluruh.
Dalam strategi penetrasi pasar, perusahaan berusaha memenuhi kebutuhan pasar yang
ada dengan produk yang ada Salah satu cara yang efektif, yaitu dengan menawarkan harga
lebih rendah secara terus-menerus, atau menggimakan program periklanan khusus. Pasar
yang ada juga dapat dimasuki dengan cara me-refonnulasikan produk-produk yang ada su-
paya kondisinya lebih baik

Strategi penggantian mencoba untuk meningkatkan penjualan dengan menawarkan
produk-produk baru yang mempunyai karakteristik lebih baik kepada pembeli. Sedangkan
perluasan produk line diterapkan rmtuk menguasai saluran distribusi dengan menawarkan
pilihan yang lebih banyak kepada konsumen.
Strategi pengembangan pasar berkaitan dengan peningkatan penjualan di pasar yang
baru, 'yaitu dengan mendapatkan pembeli bani untuk produk yang ada. Strategi perluasan
pasar dilakukan dengan mengubah produk yang ada untuk menarik pembeli bani. Dan Strategi
diferensiasi produk benrsaha mencapai pembeli baru dengan memperluas golongan barangnya.
Strategi diversiļ¬kasi benrsaha memauksi kelompok pembeli baru dengan menghantam jalur
bisnis yang baru lebih dulu.

PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN
strategi merupakan cara umum yang akan ditempuh untuk mencapai arah tujuan tersebut
Ada lima konsep yang mendasari suatu strategi pemasaran, yaitu : Segmentasi pasar,
penentuan posisi pasar ( market positioning), strategi memasuki pasar (market entry
strategy), strategi marketing mix dan strategi penentuan waktu (timing strategy).
Segmentasi pasar merupakan dasar untuk mengetahui bahwa setiap pasar terdiri atas
beberapa segmen yang berbeda-beda, misal kebutuhan yang berbeda, pola pembelian
yang berbeda atau tanggapan yang berbeda terhadap berbagai macarn penawaran. Setiap
segrnen pasar mencenninkan kesempatan yang berbeda-beda, sehingga perusahaan tidak
dapat mencapai pasar dengan memuaskan semua pembeli.
Konsep yang kedua sebagai dasar dari strategi pemasaran adalah penentuan posisi
pasar (market positioning). Perusahaan berusaha memilih pola konsentrasi pasar khusus
yang dapat memberikan kesempatan maksimum untuk mencapai tujuan, setelah
memperoleh posisi tertentu di pasar. Oleh karena itu perusahaan harus menentukan
sasaran pasarnya. Segrnen pasar dianggap sangat menarik bila cukup besar, cukup potensial
untuk berkembang, tidak dikuasai oleh pesaing yang ada dan masih membutuhkan sesuatu
yang dapat dipenuhi oleh perusahaan. Untuk mencapai posisi yang kuat perusahaan
harus dapat memasuki segmen pasar yang menghasilkan penjualan serta tingkat laba
yang paling besar. Dalam penentuan posisi pasar terdapat dua macam strategi, yaitu :
konsentrasi segmen tunggal, merupakan strategi yang dapat ditempuh perusahaan
jika ingin mempunyai posisi yang kuat pada satu segmen saja.
konsentrasi segmen ganda, menipakan strategi dimana perusahaan menginginkan
posisi yang kuat dalam beberapa segmen. Pencapaian segmen pasar yang satu
dilakukan bersama-sama dengan pencapaian segmen pasar yang lainnya.
Pemilihan kedua strategi konsentrasi ini sangat menentukan produk yang akan dibuat.
calon pembeli yang akan dilayani dan pesaing yang akan dihadapi oleh perusahaan.
Konsep ketiga yang mendasari strategi pemasaran adalah menentukan bagaimana
memasuki segmen pasar yang dituju. Ada tiga cara untuk memasuki segmen pasar yang
dituju, yaitu I
- membeli perusahaan lain, merupakan cara yang paling mudah dan cepat untuk
. memasuki pasar, karena perusahaan yang dibeli sudah mempunyai pasar tertentu.
Sehingga dapat menghindari proses pengujian yang mahal dan waktu yang lama
- berkembang sendiri, perusahaan menganggap bahwa posisi yang kuat hanya dapat
dicapai dengan menjalankan riset dan pengembangan sendiri.
- kerjasama dengan perusahaan lain, sehingga resiko ditanggung bersama, dapat saling
melengkapi atau menutup kekurangan yang ada.
Konsep pengembangan strategi pemasaran yang keempat adalah menetapkan bentuk
penawaran pada segmen pasar tertentu, yaitu dengan marketing mix. Marketing mix,
adalah kombinasi variabel produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi
yang me-rupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan. Jadi perusahaan tidak hanya
sekedar memilih koriibinansi yang terbaik saja, tetapi juga harus mengkoordinasikan
variabel-variabel marketing mix untuk melaksanakan program pemasaran secara efektif.
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pengantar_manajemen_pemasaran/bab3_proses_manajemen_pemasaran.pdf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar